Senin, 03 Oktober 2011

7. Mau Tau Perbedaanya AMD & Intel? yuuk baca bareng''... :)

PERBEDAAN ANTARA AMD & INTEL

Perbedaan tersebut ada dalam beberapa bidang:
  1. Arsitektur. Baik Intel maupun AMD memakai pandangan yang berbeda terhadap prosesor, yakni dari arsitektur prosesor itu sendiri. Dalam hali ini, tidak ada yang bisa dikatakan lebih unggul atau tidak. AMD mengintegrasikan memory controller ke dalam prosesornya, sehingga jalur data antara prosesor dengan chipset jadi lebih singkat. Intel tidak mengintegrasikan memory controller ini ke dalam prosesornya (meskipun sekarang pandangan itu sudah dirubah dengan kehadiran Core i7 / Codename Nihalem) dan lebih berfokus pada penanaman memori internal pada prosesor.
  2. Daily Use. Klo denger kata-kata orang, AMD itu lebih ditujukan untuk gaming, sedangkan intel ditujukan ke aplikasi berat. Pandangan ini hampir benar, dikarenakan dalam hal gaming tidak dibutuhkan memori prosesor yang besar (sering disebut L2 Cache) tetapi transfer data yang cepat (sekarang sudah diambil alih oleh GPU). Intel jauh  lebih menyenangkan dipaksa bermain dengan banyak aplikasi karena memori internalnya yang besar dibanding prosesor sekelas AMD.
  3. Frekuensi dan Chipset. Kedua hal ini memiliki kaitan satu sama lain. Tapi yang perlu ditekankan, jangan samakan antara frekuensi AMD dan Intel. Sebagai contoh, prosesor AMD Sempron 3000+ 1,8 GHz  dengan Intel Pentium 41,8 GHz, bukan berarti memiliki kecepatan yang sama, sudah ditekankan karna AMD mengintegrasikan Hypertransport kedalam prosesornya, sehingga proses transfer data menjadi lebih cepat. Bagi frekuensi Intel yang kecil, hal ini bukan jadi kendala besar buat Intel. Karena, dengan pengalaman banyak sebagai produsen chipset bagus di platform motherboard Intel, maka R&D (research and development) untuk chipset intel berkembang dengan pesat terutama dalam hal overclockingnya. Makanya jangan heran kalau prosesor Intel dapat ditarik hingga mencapai clock speed   4 GHz lebih hanya dengan menggunakan air cooling bahkan stock cooling, sedangkan AMD sudah boyo  untuk dipaksa lari di 4GHz walaupun menggunakan dice / phase cooling
  4. Grafis onboard. Untuk hal ini AMD lebih juara. Karena motherboard-motherboard dengan platform AMD banyak memakai chipset dengan grafis terintegrasi dari nVidia maupun ATI Radeon yang sudah sangat memadai dalam hal grafisnya., berbanding terbalik dengan intel.
  5. Overheating. AMD lebih cepat panas karna dengan clock speed yang besar, panas yang dihasilkan juga besar. Demikian halnya dengan cooling dari AMD yang cukup besar dengan bentuk persegi dan kipas yang airflow per secondnya kecil, tentu saja lebih cepat panas. Sebenarnya berkaitan sedikit dengan ilmu fisika, semakin besar suatu media, maka perambatan panasnya juga semakin lama, sehingga panas dari prosesor yang akan dibuang oleh kipas melalui heatsink akan jauh lebih lama dibandingkan heatsink fan yang kecil. (sekarang, cooling intel makin tipis aja kan ukurannya?).     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar