Selasa, 04 Oktober 2011

10. LCD vs. LED....

APA ITU LCD?

LCD (Liquid Crystal Display) adalah display panel layar datar, tampilan video yang menggunakan sifat modulasi cahaya kristal cair (LC). LC tidak memancarkan cahaya secara langsung.
LCD lebih tipis dan hemat energi serta menawarkan pembuangan lebih aman daripada layar CRT (Cathode Ray Tube) atau layar cembung. Konsumsi daya listrik yang rendah, memungkinkannya untuk digunakan dalam baterai bertenaga peralatan elektronik. LCD digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk monitor komputer, televisi, panel instrumen, dll. LCD juga umum digunakan dalam perangkat konsumen, seperti pemutar video, perangkat game, jam, jam tangan, kalkulator dan telepon.

APA ITU LED?


LED (Light Emiting Dioda) adalah komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya, sehingga lebih hemat energi dan lebih jernih. LED merupakan temuan teknologi baru. LED dibuat agar lebih efisien jika mengeluarkan cahaya. Untuk mendapatkan emisi cahaya pada semi konduktor, doping yang dipakai adalah galium, arsenic dan phosporus. Jenis doping yang berbeda menghasilkan warna cahaya yang berbeda pula. Pada saat ini warna-warna LED yang banyak adalah warna merah, kuning dan hijau. LED berwarna biru sangat langka.
Pada dasarnya semua warna bisa dihasilkan, namun akan menjadi sangat mahal dan tidak efisien. Dalam memilih LED selain warna, perlu diperhatikan tegangan kerja, arus maksimum dan disipasi daya-nya. Rumah (chasing) LED dan bentuknya juga bermacam-macam, ada yang persegi empat, bulat dan lonjong.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar