Minggu, 09 Oktober 2011

15. PnP vs. UPnP...

APA ITU PnP?

Plug and Play, kadang-kadang, disingkat PnP, adalah frase menarik yang digunakan untuk menjelaskan perangkat yang bekerja dengan sistem komputer segera setelah mereka terhubung. Pengguna tidak harus secara manual menginstal driver untukperangkat atau bahkan memberitahu komputer bahwa perangkat baru telah ditambahkan. Sebaliknya komputer secara otomatis mengenali perangkat ini, bebandriver baru untuk hardware jika diperlukan, dan mulai bekerja dengan perangkat baruterhubung.

Sebagai contoh, jika anda menghubungkan Plug-and-Play mouse ke port USB dikomputer anda, itu akan mulai bekerja dalam beberapa detik.Sebuah perangkat plug-and-play non akan meminta Anda untuk pergi melalui beberapalangkah-langkah untuk menginstal driver dan menyiapkan perangkat sebelum itu akan berhasil.

Sementara Plug and Play biasanya mengacu pada perangkat periferal komputer, seperti keyboard dan mouse, juga dapat digunakan untuk menggambarkan perangkat keras internal. Misalnya, kartu video atau hard drive mungkin Plug dan perangkat Play, yang berarti komputer akan mengenalinya segera setelah diinstal. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa komponen internal biasanya membutuhkan komputer yang akan dimatikan ketika mereka diinstal, sedangkan perangkat eksternal biasanya dapat diinstal saat komputer berjalan.


APA ITU UPnP?

Universal Plug and Play adalah sebuah system pnp yang dapat digunakan secara universal atau meluas dimana-mana dan untuk apa saja. Memang benar, UPnP adalah sebuah teknologi yang akan memungkinkan anda untuk memasang perangkat-perangkat keperluan anda dengan ‘sangat’ mudah dan dapat menyatukannya menjadi sebuah jaringan perangkat yang tentunya akan lebih memudahkan hidupa anda. Teknologi ini pertama kali dipromosikan oleh vendor operating system terbesar di dunia, yaitu Microsoft yang bekerja sama dengan UPnP forum.

Bedanya UPnP dengan PnP yang lama?

Disinilah bedanya, teknologi UPnP dan PnP memang sama-sama dapat memudahkan anda dalam menggunakan perangkat komputer, namun sebenarnya keduanya sangat berbeda dari segi teknologi dan penggunaannya ke depan. Universal PnP dapat dikatakan sebagai perpanjangan tangan dari PnP karena teknologi ini memiliki scope dan jangkauan yang lebih luas dalam bekerja, dibandingkan dengan PnP lama.

Jika teknologi PnP hanya dapat melayani dalam penambahan perangkat baru di internal PC, UPnP dapat melayani anda lebih dari itu. Tidak hanya perangkat di internal PC saja, tetapi UPnP memberikan kemudahan sampai ke tingkat jaringan lokal yang anda miliki. Perangkat-perangkat yang dapat terkoneksi ke jaringan seperti printer jaringan, Internet gateway hardware, media penyimpanan jaringan dan perangkat elektronik lainnya, maka dengan UPnP anda tidak akan kesulaitan lagi memasang dan mengkonfigurasinya.

Teknologi ini memiliki system discovery dan control terhadap perangkat atau servis yang terkoneksi ke dalam jaringan tersebut. Jadi apabila anda menambahkan sesuatu ke dalam jaringan anda, jika perangkat tersebut dilengkapi dengan UPnP anda dapat langsung menemukannya. Interkoneksi antar perangkat pun dapat terjalin dengan mudah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar