Sabtu, 17 September 2011

3. Perspektif IT pada Masyarakat

Perspektif IT pada Masyarakat

Perspektif atau sudut pandang IT menurut setiap orang pasti berbeda – beda.. Perspektif anak – anak dan orang tua pasti berbeda, begitu juga dengan yang lainnya.. Karena mungkin mereka melihat berdasarkan dari fungsi yang biasa mereka gunakan.. Seperti misalnya kalo kita bertanya pada anak kecil, “dek, menurut kamu IT itu apa sih?”, normalnya anak kecil pasti akan balik bertanya “IT itu apaan?”, setelah kita menjelaskan sebenarnya apa itu IT, anak kecil tersebut pasti akan menyimpulkan bahwa IT itu adalah game, komputer, internet.. Kenapa bisa menjawab seperti itu? Karena IT yang dekat dengan kehidupan anak kecil pada saat ini biasanya hal – hal tersebut.


Itu menurut sudut pandang anak – anak, bagaimana dengan remaja, orang tua, atau bahkan pekerja dalam berbagai bidang?


>>> Perspektif Remaja
Usia remaja identik dengan usia anak sekolah tingkat SMP hingga SMA, di mana usia tersebut biasanya mereka sedang banyak – banyaknya tugas dari sekolah, senang bermain dan sedang dalam usia ingin selalu mengikuti trend masa kini.. Jadi dapat disimpulkan bahwa menurut sudut pandang remaja, IT itu adalah alat untuk membantu dalam mengerjakan tugas, internet dan alat untuk memperbanyak teman + berkomunikasi lewat jejaring sosial.

>>> Perspektif Orang Tua
Umumnya yang dipikirkan oleh orang tua jika ditanya masalah IT adalah alat untuk berkomunikasi seperti handphone.. Dan karena pada saat ini teknologi semakin berkembang, tidak sedikit orang tua yang akan beranggapan bahwa IT itu identik dengan internet.


>>> Perspektif Pekerja dalam berbagai bidang
Perspektif pekerja terhadap IT tentunya lebih merujuk pada peralatan yang mendukung pekerjaannya.


>>> Perspektif  Kakek''/Nenek''
Ada cerita begini nih friends...
Seorang Kakek bertanya pada cucunya : "Cu, kamu itu kuliah ngambil jurusan apa sih?"
Si Cucu dengan bangganya menjawab : "IT dong Kek.."
Kakeknya mengerutkan kening : "IT itu apa?"
Si Cucu menjawab sesuai pengertian Teknologi Informasi yang dia pelajari di kampus. Namun si Kakek tetap tidak mengerti.
Dengan menghela napas berat si Cucu menjawab : "Itu loh Kek, yang ngurusin komputer"
Kakek : "Oh, bilang dong daritadi.. Jadi kamu kuliah tinggi - tinggi cuma jadi tukang servis komputer?"
Cucu : Gubrak....



>>>Perspektif  Mahasiswa
'' Asyiiik siihh... tapi puyeng klo banyak tugas plus bikin mata sakit klo lama depan komputer, hehehe...''




Jadi, pada intinya perspektif IT dimata manusia berbeda-beda sesuai lapisan masyarakat. Akan tetapi, dari perbedaan itu kita juga menemukan kesamaan dalam perspektif IT itu sendiri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar